Sejarah berdirinya LPBA Taisirul Qur'an
LPBA TAISIRUL QUR'AN
adalah sebuah lembaga pendidikan bahasa arab dan tahsin al qur'an yang
didirikan pada bulan april 2012. Adapun alasan didirikannya lembaga ini
adalah karena kekhawatiran akan keadaan kaum muslimin yang semakin jauh
dari al qur'an dan bahasa arab serta belum adanya wadah /lembaga formal
yang fokus dalam bidang bahasa arab dan tahsinul qur'an . Lembaga ini
didirikan oleh Abdullah elmatroed pada tanggal 15 april 2012 bersama
dengan Rusdiansah dan Badruzzaman di Perum Kota Serang Baru Cikarang
Bekasi Jawa Barat Indonesia .
Visi dan Misi
LPBA
TAISIRUL QUR'AN sebagai wadah pembelajaran bahasa arab dan tahsinul
qur'an formal yang bertujuan menjadikan bahasa arab sebagai bahasa
nasional umat islam khususnya di indonesia , sehingga mereka faham
dengan al qur'an dan assunnah dengan pemahaman yang benar sesuai dengan
pemahaman para salaful ummah .
Landasan
Adapun yang menjadi landasan didirikannya lembaga pendidikan bahasa arab taisirul qur'an adalah sebagai berikut :
1. Al qur'an diturunkan dengan bahasa arab
- Qur'an surat Yusuf ayat 2 :
انَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْانًاعَرَبِيًالَعَلَّكُمْ تَعْقَلُوْنَ
" Sesungguhnya kami telah turunkan alqur'an dengan bahasa arab supaya kalian berfikir "
( Yusuf : 2 )
Ibnu katsir berkata dalam tafsirnya :
“Yang demikian itu (bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa arab)
karena bahasa arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas dan
maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu,
kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada Rasul yang
paling mulia (yaitu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam) dengan
bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa arab), melalui perantara malaikat
yang paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun
diturunkan pada dataran yang paling mulia di atas muka bumi (yaitu tanah
Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu
Ramadhan), sehingga Al-Qur’an menjadi sempurna dari segala sisi.”
(Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Surat Yusuf)
2. Hadits dan kitab para ulama menggunakan bahasa arab sebagaimana qoul para ulama salaf
* Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu berkata :
تَعَلَّمُوْا الْعَرَبِيَةَ فَاءِنَّهَاجُزْءٌ مِنْ دِيْنِكُمْ
" Pelajarilah bahasa arab karena sesungguhnya ia adalah setengah dari agama kalian "
*Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu berkata :
“Bahasa arab itu termasuk bagian dari agama, sedangkan mempelajarinya
adalah wajib, karena memahami Al-Quran dan As-Sunnah itu wajib. Tidaklah
seseorang bisa memahami keduanya kecuali dengan bahasa arab. Dan
tidaklah kewajiban itu sempurna kecuali dengannya (mempalajari bahasa
arab), maka ia (mempelajari bahasa arab) menjadi wajib. Mempelajari
bahasa arab, diantaranya ada yang fardhu ‘ain, dan adakalanya fardhu
kifayah.” (Iqtidho shirotil mustaqim, Ibnu Taimiyah )
* Imam Syafi'i rahimahullahu juga berkata :
"Manusia tidak menjadi bodoh dan selalu berselisih paham kecuali
lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep
Aristoteles".
3. Perintah untuk belajar Al qur'an dan mengajarkannya sebagaimana hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْانَ وَعَلَّمَهُ
" Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar al qur'an dan mengajarkannya "
Sekretariat
SDIT AS-SABIQUUN Kampung Tonjong Desa Sukaragam Kecamatan Serang Baru Cikarang Bekasi Jawa Barat .
Contact Person : 085717114685 (WA ) / 081289556863 / 59CF63D4(BBM)
( Abu Kayyis )
Metode Pembelajaran
Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab Taisirul Qur'an adalah metode RUMUS yaitu sebuah metode pembelajaran active learning yang merangkai kaidah-kaidah bahasa arab dengan pola-pola yang unik sehingga mudah untuk diingat , difahami dan dipraktekkan .
Metode ini ditemukan oleh Abdullah elmatroed setelah
beliau melanglang buana mengajar bahasa arab selama kurang lebih 6 tahun
mulai dari mengajar anak-anak sampai mengajar kalangan dewasa . Dan
alhamdulillah biidznillah metode rumus ini sangat mujarob dalam
pembelajaran bahasa arab dan sudah terbukti yang diajarkan faham dengan
baik .
Metode ini sudah dipraktekkan oleh beliau dalam mengajar anak-anak , karyawan , bapak-bapak dan para ummahat .
Mengapa mesti harus metode RUMUZ ?
Inilah keunggulan metode rumuz dalam pembelajaran bahasa arab :
1. Metode rumuz lebih menekankan pemahaman terhadap suatu materi daripada mengejar target menghabiskan materi.
2.Metode RumuZ mengemas kaidah-kaidah Nahwu dan Sharaf dalam bentuk Rumus ( pola ) sehingga mudah untuk difahami dan dihafalkan. Contoh :
Rumus Isim Mutsanna = Isim Mufrod + Mbak AANI & Mbak AINI
جوال >>>>>>جوالان |جوالين
3. Metode
RumuZ lebih banyak latihan daripada penjelasan. Sehingga bisa menambah
dan memperkuat daya ingat terhadap materi yang ada.
4. Metode
RumuZ mengadopsi metode active learning . metode pembelajaran aktif
dimana kedua belah pihak Guru dan peserta didik ikut aktif dalam proses
pembelajaran . Sehingga membuat suasana didalam kelas hidup dan tidak
menjenuhkan.
5. Sangat cocok untuk para pengajar bahasa arab ditingkat dasar, menengah dan tingkat tinggi.
6. Sangat
cocok digunakan untuk kalangan pemula yang belum pernah belajar bahasa
arab dan untuk kalangan yang sudah memiliki dasar bahasa arab.
7. Telah
dipraktekkan dikalangan anak-anak, bapak-bapak dan ibu-ibu. Dan
Alhamdulillah dengan izin Allah metode ini mujarob alias bisa difahami
dengan baik.
8.Mampu
menghafalkan 10 kosakata bahasa arab dalam durasi waktu kurang dari 5
menit. Alhamdulillah metode ini sudah teruji. Testimoni menyusul.
9. Metode ini dikelola dan dikembangkan oleh orang yang memiliki kemampuan dalam bidang pembelajaran bahasa arab.
بارك الله فيكم
Like , Share & Care
Tidak ada komentar:
Posting Komentar